Minggu, 01 September 2013

Cara Terbaik Mengatasi Ketakutan

Kali ini saya ingin berbagi mengenai cara mengatasi ketakutan. Pada dasarnya ketakutan adalah hal wajar yang dialami manusia dalam hidup. Dan ketakutan tersebut akan menjadi tidak wajar bila hidup Anda menjadi terhambat karena ketakutan tersebut. Entah takut akan masa depan, takut gagal, dsb.


               Saya yakin artikel ini akan membantu Anda mengatasi ketakutan. Semua informasi mengenai cara mengatasi rasa takut ini saya pelajari dari berbagai buku motivasi, pengembangan diri, dan pengalaman pribadi kemudian saya rangkum dalam artikel singkat ini.

 2 Tipe Rasa Takut
              Sebelum mendalami lebih jauh, Anda harus mengetahui ada 2 jenis rasa takut, yaitu rasa takut positif dan rasa takut negatif.
Rasa Takut Negatif : Adalah rasa takut yang menghambat diri Anda untuk maju
 Contoh :
-Takut akan masa depan.
-takut gagal.
-takut ditipu.
Rasa Takut Positif  : Adalah rasa takut yang membuat Anda menjadi waspada dan termotivasi.
Contoh :
-Karena takut dimarahi atasan. Maka Anda berusaha bekerja sebaik mungkin.
-Karena takut dosa. Maka Anda berusaha menjadi orang yang religius
-Karena takut kalah dalam kompetisi. Anda berusaha latihan sebaik mungkin.

               Dan yang akan kita pelajari disini adalah cara mengatasi rasa takut negatif atau rasa takut bersifat merusak / distraksi.

 Rasa Takut Akan Hilang Bila Dihadapi

               Beberapa bulan yang lalu. Saya melihat sebuah video rekaman seminar motivasi. Pembicara mengajak peserta untuk menginjak bara api yang tingginya sekita 50cm, dan para peserta terlebih dahulu menginjakkan kakinya dalam air yang relatif dingin agar tidak terbakar diatas bara api. Tetapi tetap saja banyak peserta yang takut untuk berjalan diatas bara api, akhirnya dengan beberapa paksaan akhirnya beberapa peserta terpaksa berjalan diatas bara api. Saat peserta sudah menginjakkan kakinya di bara api, ketakutan peserta hilang dan  jadi mulai ketagihan berjalan diatas api berkali-kali . Jadi bila Anda takut, hadapilah ketakutan dan akhirnya pasti Anda akan sadar bahwa hal yang paling menakutkan sekalipun bagi Anda ternyata tidak menakutkan seperti yang Anda kira karena 90% ketakutan yang ada dalam hidup manusia hanyalah ilusi dalam pikiran.



Cliff Forester,
Untuk Anda yang ingin mengembangkan diri menjadi pribadi yang lebih baik        

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...