
Sebelum mengetahui triknya saya
bertanya kepada anda dulu. Apakah tujuan dalam beriklan? Pasti tujuanya untuk
memperbanyak pembeli. Tapi kadangkala bagian hedline atau bagian atas iklan
adalah nama perusahaan, nama toko. Sebenarnya nama perusahaan atau nama toko kita
jangan dijadikan bagian atas melainkan bagian bawah. Kecuali bila kita
memasang iklan tersebut dalam bentuk spanduk di toko kita atau di website utama
kita.
Setiap saya beriklan saya selalu
menayangkan kalimat yang besar sekali bertuliskan “GRATIS!!”, ”BERITA
HEBOH”. Dengan begitu orang akan menjadi penasaran dan melihat iklan
kita.Selanjutnya ketika orang melihat kita tinggal menambahkan faktor nilai
tambah dan USP(ultimate advantage, sensasional offer, powerfull promise).
Beberapa tips:
Tips kesatu:Bila mengiklankan di
Koran.Pilih halaman kanan
Dalam mengiklankan. Pilih halaman
kanan, menurut survey yang dilakukan di Amerika. Iklan yang berada di halaman
kanan menghasilkan respon 30% lebih banyak daripada halaman kiri.
Tips kedua:tambahkan faktor bonus
Faktor bonus disini kita bisa
membuat bonus yang murah tapi kesanya LEBIH MAHAL DARIPADA PRODUK YANG
KITA JUAL.
Contoh:
Misalkan anda menjual pena seharga
6.000. Tetapi harga di pasaran seharga 7.000.. Maka tinggal kita beri bonus mahal
tapi kita bisa langsung beli di pabriknya dengan harga murah. Di pasaran harga
mug tersebut harganya 7.000.. Namun karena beli di pabriknya,anda membeli mug
tersebut hanya 1.000 rupiah. Maka tulisan iklanya seperti berikut.
“Gratis
mug cantik seharga 7.000 tiap membeli pena kami”.
Kemudian saat ada yang bertanya
“betulan harganya 7.000?Anda tinggal jawab begini “Iya,betul,silahkan cek di
indomaret.Kalau harganya hanya 1.000 atau bahkan lebih murah Saya kembalikan
selisihnya 2 kali lipat”.
PRINSIP:BONUS
TIDAK BOLEH MENGURANGI MARGIN KITA.
Tips ketiga:berikan limit time
atau batas waktu:
Misalkan sekarang 1 November. ada 2
iklan konser di Koran. yang satu konser Britney spears dan satunya lagi konser
Madonna. Di konser Britney spears tanggal mainya adalah 25Desember dan mendapat
potongan harga 25%. Dan ada sepasang kekasih yang ingin memesan tiket. Namun
karena tanggal mainya masih lama akhirnya sepasang kekasih ini menunda rencana
pembelian tiketnya sampai akhirnya kelupaan. Seminggu kemudian (tanggal 8
november) muncul iklan konser Madonna dengan potongan harga yang sama yaitu 25%
namun potongan harga hanya berlaku bagi yang pesan tanggal 10 November. Karena
takut kehabisan potongan harga akhirnya sepasang kekasih ini langsung membeli
tiket sebelum tanggal 10 November karena takut tidak dapat potongan harga.
PRINSIP:KITA HARUS MEMBERIKAN BATAS WAKTU SENSASIONAL OFFER KITA AGAR ORANG SEGERA ACTION UNTUK MEMBELI PRODUK KITA . NAMUN TAMBAHKAN JUGA UNLIMITED OFFER.(PENAWARAN MENARIK YANG TIDAK MENUNTUT WAKTU UNTUK TANGGAL TERTENTU).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar