Sabtu, 14 September 2013

Cara Berkomunikasi Yang Baik dan Benar Agar Disukai Banyak Orang

Skill berkomunikasi sangat efektif untuk menunjang kehidupan Anda. Oleh karena itu saya akan berikan teknik cara berkomunikasi yang baik dan benar. Skill ini dapat memudahkan Anda dalam mencari partner bisnis, teman, dan sahabat. Bila Anda sudah menguasai ilmu dalam artikel ini dengan baik, selanjutnya efeknya akan sangat drastis mengubah hidup Anda. Diantaranya : memiliki banyak teman, meningkatkan kepercayaan diri, menjadi semangat dalam menjalani hidup.

Jadilah Pendengar Yang Baik
Sangat jarang orang mampu menjadi pendengar yang baik. Hal ini dikarenakan ego mereka yang tinggi. Sedangkan pribadi yang disukai banyak orang mampu menjadi pendengar yang baik dan sangat antusias terhadap apa yang dibicarakan lawan bicaranya. Hal ini akan membuat lawan bicara Anda sangat merasa dihargai.

Contohnya : Jika lawan bicara menceritakan pengalamanya tentang bermain airsoftgun. Maka Anda
                     dapat mendengarkanya dengan baik kemudian lemparkan beberapa pertanyaan seperti
                     -Wah seru banget ya, biasanya kalau main airsoftgun begitu sama siapa aja?
                     -Apa kamu punya keinginan untuk mengulang pengalaman tersebut kembali?
                     -Kalau pengalaman saya yang paling seru adalah ketika memancing, apa kamu suka
                      memancing

Gunakan Bahasa Tubuh Yang Baik
Perlu Anda ketahui bahwa bahasa tubuh mepengaruhi jalanya komunikasi hingga 55% dan sisanya 35% dipengaruhi intonasi suara dan 10% dipengaruhi oleh kata - kata yang diucapkan. Oleh karena itu bahasa tubuh memegang peranan penting dalam komunikasi. Ketika Anda berhadapan dengan lawan bicara Anda condongkan badan sedikit ke depan, Anggukan kepala Anda saat mendengarkan lawan bicara. Dan jangan pernah melipat tangan ketika berbicara ataupun mengetuk - ketuk meja dengan bolpoin seolah - olah anda ingin pembicaraan ini segera berakhir.


Jangan Mencela
Mencela merupakan hal yang sangat fatal dalam menjalin sebuah hubungan. Di sekolah saya memiliki seorang teman yang sangat pandai dalam bidang akademis. Saat guru menerangkan materi yang diajarkan, teman saya selalu mencela guru seolah mengerti apa yang akan diajarkan nanti. Memang pada akhirnya dia benar karena sudah belajar sebelumnya. Tetapi tindakan ini membuat dia diajuhi teman - temanya karena dinilai sebagai pribadi yang show off (cari sensasi), sombong, dan berbagai pemikiran negatif lainya. Bila Anda tidak ingin mengalami nasib serupa dengan salah satu teman saya ini. Jangan mencela pembicaraan lawan bicara Anda.

 Jangan Bicarakan Topik Yang Negatif
Jangan pernah bicarakan kejelekkan orang lain terhadap lawan bicara Anda! Karena secara tidak sadar akan memunculkan pesan di pikiran bawah sadarnya "Wah, bisa - bisa kalau saya jadi temanya nanti dia juga akan bicarakan kejelekkan saya didepan orang lain". Dan jangan heran bila lawan bicara Anda akan langsung menjauhi Anda sejak percakapan terakhir. 

Sebenarnya masih ada banyak lagi tips - tips jitu lainya dan akan saya update di artikel berikutnya.
Selamat mencoba !




Cliff Forester
Untuk Anda yang ingin berkembang menjadi individu yang lebih baik







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...